7 Cara Meningkatkan Konsentrasi…

Sebagian orang bisa berkonsentrasi untuk rentang waktu yang panjang. Tapi, kalaupun rentang perhatian antum pendek, antum pasti bisa memusatkan pikiran pada sesuatu yang benar-benar antum minati. Dan antum bisa meningkatkan kemampuan antum untuk berkonsentrasi kalau antum sungguh-sungguh berusaha untuk itu.
Nih, sedikit tips buat antum, agar antum bisa berkonsentrasi…Simak baik-baik yaa…
* Usahain bikin ruang belajar antum itu sebagai temoat khusus hanya untuk belajar -ngga ada keributan, mainan, atau bahkan komputer sekalipun-.
*Mulailah dengan sesi belajar yang pendek saja. Tambah waktu belajar antum lima atau sepuluh menit setiap hari sampai antum mencapai target.
*Canangkan target kecil dan beri selamat kepada diri antum sendiri ketika target itu tercapai.
*Berusahalah sekuat-kuatnya untuk tertarik dengan apa yang sedang antum pelajari. Kalau mata pelajaran itu bikin antum bosen, cari teman yang menyukainya dan tanyakan alasannya. Baca artikel, majalah, tonton video tentang topik tersebut, atau berselancar di Internet -jangan chatting terus dong!- mencari bahan tentang pokok bahasan tersebut. Datanglah ke sekolah dengan bekal pertanyaan untuk diajukan kepada gurumu di kelas.
*Sebagian kita bertipe “burung pipit” -orang pagi. Sebagianlaginya bertipe “burung hantu” -orang malam. Burung hantu ngga suka belajar pada pagi hari dan burung pipit ngantuk pada malam hari. Kapan waktu yang pas buat antum? Belajarlah pada waktu itu.
*Tetaplah aktif. Bikin catatan, garis bawahi, tuliskan pertanyaan, warnai, gambar diagram, baca keras-keras, dan uji diri sendiri dengan pertanyaan.
*Kalau antum mulai lelah atau melamun, berhentilah. Berdiri, regangkan badan, lompat-lompat, kunyahlah apel -kalo ada itu juga! kalo ngga ada, ya pura-pura ngunyah deh! hehe.- atau tidur sianglah sebentar, kalau antum bener-bener membutuhkannya.
OK..?! Selamat Mencoba yaa…Mudah-mudahan sukses…!!!!

Di adaptasi dari “Sekolah? Siapa Takut..?!” By, Jeanne Shay Schumm, Ph. D.

About dee.ka87

Leave a Reply